11 Manfaat Kacang Arab/Chickpea

11 Manfaat Kacang Arab/Chickpea

11 Manfaat Kacang Arab/Chickpea

20/02/2021


MANFAAT KACANG ARAB

´╗┐Kacang Arab/Chickpea ini merupakan kacang yang berasal dari India, tetapi dikenal dengan nama Kacang Arab karena banyak ditemukan di Arab Saudi serta kebanyakan Kacang Arab di Indonesia diimpor dari Arab. 
Selain itu, kacang arab juga biasa dijakadikan sebagai oleh-oleh haji dan umroh. Tapi kalian tau gak sih kalau Kacang Arab ini punya segudang manfaat? Apa aja sih?

Yuk, kita bahas satu-satu.





1. Kaya Akan Serat


Jenis kacang ini mengandung serat larut dan tidak larut di dalamnya. Serat larut bermanfaat untuk membantu mengontrol kesehatan empedu dan serat tidak larut mampu meningkatkan kesehatan dan kebersihan pencernaan. 


2. Baik Untuk Kesehatan Jantung 


´╗┐

Kandungan berbagai mineral seperti magnesium dan potasium dalam kacang arab memiliki potensi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kacang ini juga mengandung vitamin B, serat, kalium, magnesium, zat besi, dan selenium yang mendukung kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. 


3. Menjaga Kesehatan Tulang  

Manfaat kacang arab selanjutnya untuk mendukung kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan zat besi pada kacang arab berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Walaupun demikian, Anda mungkin butuh asupan kalsium dan zat besi dari sumber lain seperti susu, daging, ikan, dan sebagainya. 


4. Memelihara Kesehatan Mental




Kacang arab mengandung selenium dan kolin yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan fungsi sistem saraf. Manfaat kolin untuk mengontrol emosi, suasana hati, memori, dan kontrol otot. 


5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Konsumsi kacang arab akan menurunkan risiko masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan kanker usus. Seratnya juga akan membantu memperlancar buang air besar. Dengan demikian, pencernaan Anda menjadi lebih lancar.


6. Membantu Mencegah Kanker 

Kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel akibat radikal bebas. Maka dari itu, Anda disarankan untuk konsumsi makanan tinggi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel.  Kacang arab adalah satu makanan yang tinggi antioksidan. Jenis kacang ini juga tinggi akan selenium, saponin, dan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. 


7. Menstabilkan Gula Darah

Serat larut di dalam kacang arab mampu membantu menjaga gula darah Anda agar selalu stabil. Oleh karena itu kacang ini baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita diabetes.


8. Baik Untuk Ibu Hamil



Kacang arab mengandung folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Semuanya merupakan nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan janin. Ini juga mengurangi risiko cacat tabung saraf dan berat lahir rendah.


9. Mengontrol Kadar Kolesterol

Tubuh memiliki dua jenis kolesterol, yaitu HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). LDL adalah jenis kolesterol yang paling berperan dalam terjadinya penyakit kardiovaskular. Semakin tinggi kadar kolesterolnya, semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat kacang arab untuk kesehatan jantung terletak dari kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, risiko penyakit jantung dapat berkurang dengan mengonsumsi kacang arab.


10. Mencegah Atau Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Meningkatkan asupan kalium bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah hipertensi. Jumlah kalium per hari yang disarankan bagi orang dewasa adalah sekitar 4.700 miligram.
Manfaat kacang arab bisa disertakan untuk memenuhi angka tersebut. Pasalnya, dalam satu cup kacang arab mengandung 474 mg kalium.
Namun pastikan Anda tidak melebih batas asupan kalium harian tersebut. Bahkan untuk orang yang sudah berusia 51 tahun atau lebih dan memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular, asupan kalium hanya disarankan sekitar 1.500 mg per hari.


11. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Anda bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja otak dengan mengonsumsi kacang arab.
Kandungan nutrisi dalam kacang arab dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak. Sebuah hasil penelitian menyarankan untuk mengonsumsi kacang kenari untuk meningkatkan kinerja otak dan melatih konsentrasi.
Kacang arab juga mengandung nutrisi yang dapat membantu melindungi otak Anda dari peradangan dan mendukung fungsi otak yang baik seiring bertambahnya usia.



Nah, udah tau kan sekarang, kalau Kurma Arab selain enak dijadikan cemilan, sehat juga karena banyak sekali manfaatnya. [Mz]


Add Comment