Menu

Menggabungkan Dua Puasa Sunnah

Menggabungkan Dua Puasa Sunnah

Menggabungkan Dua Puasa Sunnah

19/05/2022

Setelah melalui puasa Ramadhan, umat muslim disambut dengan Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal. Di bulan Syawal, ada ibadah yang menjadi sunnah dalam Islam yang dapat mendatangkan pahala yang melimpah. Ibadah tersebut ialah puasa Syawal selama 6 hari. Berikut niat puasa syawal dan senin kamis.


Puasa Syawal bisa dibarengi dengan puasa sunnah senin kamis dengan membaca niat puasa syawal dan senin kamis. Puasa Syawal memiliki keutamaan ibarat menjalankan puasa selama  satu tahun penuh. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut.


“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

Sementara itu hadist riwayat Imam Muslim juga menjelaskan keutamaan puasa Senin dan Kamis yang bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT yang berbunyi sebagai berikut.


Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim).

Sebelum mengetahui niat puasa syawal dan senin kamis, ketahui dulu bagaimana hukum saat menjalankan puasa Syawal yang digabung dengan puasa sunnah Senin dan Kamis? Apakah dalam Islam kedua puasa tersebut diperbolehkan?


Menurut para ulama, menggabungkan puasa Syawal dengan puasa Senin dan Kamis hukumnya adalah diperbolehkan. Hal ini dikarenakan puasa Syawal dan puasa Senin dan Kamis yakni sama-sama puasa sunah yang diperbolehkan untuk digabungkan.


Jika seorang muslim ingin melaksanakan puasa Syawal di hari Senin atau Kamis, maka diperbolehkan untuk melakukan kedua niat secara sekaligus yakni niat puasa Syawal dan niat puasa Senin dan Kamis. Hal ini juga berlaku untuk puasa sunah Arafah dan puasa Asyura.


Bacaan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis

Sebelum melaksanakan puasa, dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Berikut ini bacaan niat puasa Syawal dan Senin Kamis yang bisa kamu ketahui.

Sebelum melaksanakan puasa, dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Berikut ini bacaan niat puasa Syawal dan Senin Kamis yang bisa kamu ketahui.


“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala.”

Artinya: “ Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala."


Niat Puasa Kamis

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala.”

Artinya: “ Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunah karena Allah Ta'ala."

 

Itulah informasi seputar niat puasa Syawal dan Senin Kamis yang dapat kamu pahami. Semoga bermanfaat!

 

Sumber : https://www.suara.com/

Add Comment