Almond merupakan salah satu jenis kacang yang populer di seluruh dunia. Almond memiliki banyak variasi bentuk, warna, dan ukuran. California merupakan negara yang menghasilkan kacang almond terbanyak di seluruh dunia.

Biasanya almond dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan atau dijadikan bahan pelengkap untuk berbagai olahan makanan seperti es krim, olahan coklat, kue, dan susu. Kacang yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia, salah satunya bisa menurunkan kolesterol. Berikut 7 manfaat kacang almond, sebagaimana dikutip dari Healthline.

1. Kaya akan nutrisi Almond memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Satu porsi almond (28 gram) mengandung: Serat: 3,5 gram Protein: 6 gram Lemak: 14 gram (9 di antaranya tidak jenuh tunggal) Vitamin E: 37 persen dari RDI Mangan: 32 persen dari RDI Magnesium: 20 persen dari RDI Vitamin B2 (riboflavin) dan fosfor yang cukup.

2. Antioksidan Antioksidan membantu melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel. Selain itu antioksidan juga berkontribusi dalam pencegahan penyakit kanker. Antioksidan yang tinggi dalam almond terdapat di lapisan kulit yang berwarna coklat Studi menunjukkan, memakan almond bersama dengan makanan utama baik untuk tubuh.

3. Mengandung vitamin E yang tinggi Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang larut dalam lemak. Antioksidan ini cenderung menumpuk di membran sel dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik di dunia, 1 ons almond mengandung 37 persen asupan vitamin E yang disarankan per harinya.

4. Mengontrol gula darah Kacang disarankan untuk penderita diabetes karena kaya akan lemak, protein, dan serat. Almond mengandung magnesium yang sangat tinggi. Magnesium adalah mineral yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. 2 ons almond mengandung hampir setengah dari jumlah magnesium yang disarankan dalam tubuh. Almond dapat membantu mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2, yang keduanya merupakan masalah kesehatan utama.

5. Menurunkan tekanan darah Magnesium dalam almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama kolesterol, serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

6. Menurunkan kolesterol Studi menunjukkan, konsumsi almond dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi almond 20 persen dari kebutuhan kalori dapat mengurangi LDL 12,4 mg/dL. Selain itu, kandungan dalam almond juga dapat mencegah oksidasi yang dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit. Kulit almond kaya akan polifenol yang baik untuk pencegahan oksidasi kolesterol. Studi menunjukkan, konsumsi almond sebulan bisa menurunkan kadar kolesterol teroksidasi hingga 14 persen.

7. Baik untuk menurunkan berat badan Kacang mengandung beberapa nutrisi yang sulit diurai dan dicerna oleh tubuh Anda. Tubuh tidak menyerap sekitar 10-15 persen kalori dalam kacang. Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.